Friday, April 15, 2016

Earthquake vs Jump - Mana yang Lebih Efektif

Baru-baru ini banyak orang yang mendebatkan mana yang terbaik antara Earthquake spell vs Jump spell. Terlepas dari hal itu keduanya memang memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing dalam segi penggunaannya.

Sudah jelas , ada kalanya ketika salah satu dari kedua spell tersebut akan menjadi pilihan terbaik, tetapi menurut saya, saya akan memilih untuk menggunakan spell gempa atau Earthquake . Mengapa ? karena spell ini lebih efektif dalam menghancurkan dinding musuh . Dan lebih cocok digunakan untuk menghancurkan musuh yang memiliki base pertahanan dinding rapat.

Earthquake atau Gempa

earthquake spell
Earthquake spell


Terlepas dari kelebihan dan kekurangan earthquake daripada jump. Earthquake merupakan spell baru yang dirilis di Townhall 8 bersama kedua sohibnya yaitu haste spell(percepatan/bukan rage) dan poison spell(racun). Spell ini tergolong baru di dalam game clash of clans sehingga banyak menarik perhatian para penggemarnya.

Kembali ke laptop, earthquake atau gempa memang memiliki banyak kelebihan dibandingkan Jump, dan dalam penggunaannya lebih simpel hanya perlu menempatkan ke dinding atau wall yang ingin dihancurkan sehingga tidak perlu timing waktu yang pas seperti halnya penggunaan jump.

1 Spell Gempa memakan tempat sebanyak satu slot. Bukan hanya menghancurkan tembok, spell ini juga dapat memberikan kerusakan pada bangunan-bangunan lainnya. Untuk menghancurkan dinding musuh, membutuhkan setidaknya 4 spell earthquake (gempa ) yang memakan 2 slot spell. Dan apabila digunakan untuk membuat jump maka dapat membuat 2 Jump spell.

Kelebihan dari gempa adalah dalam penggunaan 4 gempa sudah dapat menghancurkan dinding yang level maksimal sekalipun. Ada beberapa hal yang membuatnya lebih menguntungkan lagi daripada jump spell . 

  1. Pertama, jangkauan yang meliputi area 8 x 8 . Jadi semua dinding akan hancur untuk 8 area kotak , ini secara garis besar lebih lebar daripada jump .
  2. Kedua , jelas menggunakan gempa untuk menghancurkan dinding lebih hemat waktu sehingga tidak ada waktu terbuang percuma. Hal ini lebih mudah ketimbang jump yang membutuhkan jeda waktu dan memiliki batas waktu penggunanya.
  3. Ketiga, Anda dapat memulai serangan Anda dengan spell gempa .sehingga Anda tidak perlu menunggu seperti  penggunaan jump spell di pertengahan serangan , menghemat waktu serangan yang paling penting.
  4. Keempat, dan mungkin yang paling penting . Spell gempa support terhadap semua Hero tidak seperti jump membuat pasukan seperti Archer Queen , Grand Warder, dan Barbarian King yang sering menghindari jump spell walaupun ditempatkan didepannya. Hal ini tampaknya Hero memiliki semacam rasa takut atau trauma (haha) terhadap dinding dan lebih suka berjalan lebih jauh ke bangunan terbuka.
Baca jugaArcher Clash of Clans

Hal ini telah membuat hal-hal sangat sulit untuk serangan darat yang harus berkumpul di tengah-tengah base untuk menghancurkan Town Halls. Menggunakan Gempa menghilangkan masalah ini dengan menghancurkan dinding dan membuat jalan untuk masuknya pasukan ke area tengah. Anda mungkin berpikir ini bukan masalah besar, tetapi Hero yang masuk ke tengah sangatlah penting pada base rapat biasanya menghasilkan  1 atau 2 bintang.

Jump Spell


gambar jump spell
jump spell

Jump dibuka pada Townhall 9 dan biasa digunakan pada untuk membuka celah dinding pertahanan musuh. Spell berwarna hijau melingkar ini biasa digunakan di Townhall 9, 10 maupun 11, karena kegunaanya untuk membantu pasukan masuk kedalam area pertahanan musuh. Jump biasa digunakan untuk membantu Golem masuk ke area tengah lawan sehingga dapat melindungi pasukan yang berada dibelakangnya.

Baca juga : GoVaHo strategi Th 9 Clan War 3 Star

Kelebihan jump spell yaitu memiliki durasi waktu cukup lama , dengan jump spell level 3 yang durasi waktunya satu menit secara keseluruhan, yang merupakan 1/3 dari seluruh serangan sehingga memungkinkan Anda untuk menjadi sangat fleksibel ketika Anda ingin menjatuhkannya .

Penempatan dan timing yang tepat menggunakan spell ini dapat memicu keberhasilan serangan Anda. Menggunakan jump untuk memancing pasukan masuk ke area tengah pertahanan lawan merupakan strategi yang biasa digunakan pada kombinasi pasukan seperti GoWiPe. 

Jika Anda pernah melihat serangan golem wizard pekka , Anda dapat melihat bahwa orang menempatkan 2 jump spell mereka bahkan sebelum mereka mulai serangan mereka , dan tidak memiliki masalah dengan  kehabisan waktu penempatan.

Kekurangan dari jump spell ini sendiri adalah ketersediaannya yang dibuka di Townhall 9 . Karena hal itu bagi Townhall dibawahnya tidak dapat menggunakannya untuk memulai serangan. Mugkin ini adalah masalah yang Supercell tahu tentang hal itu, dan menggunakan spell Gempa mungkin merupakan solusi untuk mengatasi masalah tersebut.
"Untuk video tentang cara penggunaan earthquake maupun jump spell yang baik. saya akan menunjukannya lain waktu atau di postingan berikutnya"
Itulah tadi artikel mengenai Earthquake vs Jump Spell, Jika Agan suka artikel ini silahkan like atau share ,dan jika ada hal yang ingin ditanyakan silahkan tinggalkan komentar. salam clasher ! 

16 komentar

saya mah pilih yang jump aja gan

Jadi ini tricknya,saya baru tahu. Mau coba ah

Trick yang bagus,untuk pemula macam saya

ane jarang main coc gan lebih mengurus blog ane gan

sama gan ane juga kek gitu . wkwk

terima kasih gan . semoga membantu

Mantap gan . silahkan di coba !!

waduh gan jadi flashback masa-masa ane maen COC :v, ini keren juga tipsnya, buat para pemula yang belum terlalu ngerti COC, Nice POst gan

wah makasih nih tipsnya, keren deh makasih sob infonya

Mantap gan , ane masih mainan COC sampe sekarang :v

ane sih milih Jump :v

ane sihhh milih jumpspell gann XDDD

Berkomentarlah sesuai kaidah yang ada :)
EmoticonEmoticon